Class dan Object

Pada posting saya sebelumnya saya telah mengupas tentang struktur kode program dalam bahasa JAVA. Bagaimana ilustrasi class dan object apabila kita bawa dalam kehidupan nyata? Bayangkan anda adalah seorang arsitek, arsitek biasanya membuat gambar rancangan rumah sebelum rumah tersebut dibangun. Nah dari ilustrasi tersebut dapat kita analogikan dengan konsep class dan object dalam JAVA. Class dalam konteks arsitek adalah gambar rumah, sedangkan rumah yang dibangun adalah object-nya. Dengan kata lain class adalah blue print dari object yang nantinya dibangun.

Berpatokan dari ilustrasi diatas, maka dapat kita pastikan bahwa apa saja yang terdapat di suatu object pasti terdapat dalam class-nya, semisal rumah yang dibangun memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, maka seharusnya digambar arsitektur rumah juga telah digambarkan hal tersebut.

class - object
class – object

Mengacu dari konsep object dan class diatas maka programmer dapat mengilustrasikan segala sesuatu kedalam class dan object untuk ditransformasikan kedalam kode program JAVA. Bagaimana mengimplementasikan konsep seperti pada gambar kedalam program JAVA, sebagai berikut, class rumah dapat dilihat dari source code berikut :
public class Rumah {
String pemilik;
int jumlahKamar;
int tipe;

void modelPembayaran(){
System.out.println("pembayaran lunas");
}
}

Object dari kelas rumah dapat diimplementasikan pada class RumahTest sebagai berikut :
public class RumahTest {
public static void main(String[] args) {
Rumah rmh = new Rumah();
rmh.pemilik = "Mr. Jono";
rmh.jumlahKamar = 3;


rmh.modelPembayaran();
}
}