Tugas 1 Logika Informatika

Logika memainkan peranan penting di berbagai bidang, salah satunya di bidang ilmu komputer dan informatika. Logika sering kali digunakan untuk menguji suatu program komputer, dan sebagai komponen utama dalam berbagai cabang ilmu ilmu komputer.

Logika lebih mengacu pada penalaran syntactic yang menjawab “apa yg dapat diungkapkan?”, hal ini dikarenakan logika menghasilkan suatu pernyataan – pernyataan yang bernilai benar (true) atau salah (false) serta menghasilkan kesimpulan.

Pernyataan yang bernilai benar (true) / salah (false) dan tidak bisa kedua – duanya disebut dengan proposisi. contoh :

Program komputer ini memiliki bug

contoh diatas dapat dikatan proposisi karena memiliki nilai benar dan salah meskipun pembuktiannya tergantung kondisi program. untuk dapat memperjelas, berikut ini adalah contoh yang bukan proposisi :

“angka 13 adalah angka sial bagi saya”

contoh diatas mengandung perdebatan, karena setiap orang memiliki pendapat masing – masing, bahkan mungkin sebagian orang menganggap pernyataan tersebut tidak bermakna.

Berdasarkan contoh diatas, anda bisa mengerjakan tugas 1 logika informatika melalui link dibawah ini :

http://www.formpl.us/form/0BzhQ9xDS06ZlbERoSzRjcTU2MVE

Soal no 1 – 5 anda diminta untuk menentukan apakah pernyataan tersebut proposisi atau tidak proposisi. Sedangkan soal no 6 – 10 anda diminta untuk menentukan nilai benar (true) atau nilai salah (false) dari pernyataan – pernyataan proposisi.

Selamat mengerjakan.